Kamis, 30 Oktober 2008

INCO trouble ...OH GODD...


hmmm....sudah 12 hari ini 1 Node di Inco ( Pontada mengalami masalah,dapat dilihat pada hasil Netmon SNR dan MER ( atas bawah ) heranya kejadian terjadi pada tanggal 16 oktober 2008 ( 2 minggu setelah serah terima ).
Wah..puyeng,
kenapa puyeng ???
1. klien tidak mempunyai onsite SDM yang bisa mengoprasikan alat ukur
2.Boro2 ngukur ...troubleshoot jg g bisa
3.Semua dikembalikan ke aku selaku project coord ....
Beberapa hal yang bisa saya sarankan adalah sebagai berikut :
1. Periksa setiap koneksi yang ada, pastikan sudah di heatshrink dan tidak ada lagi sambungan yang bocor
2. pastikan setiap perangkat yang terpasang tidak kemasukan air atau kondensasi ( ini bisa saja terjadi karena di inco hawa dingin panas sering berganti )
3. pastikan parameter kerja amplifier dan node sudah sesuai sebagaimana serah terima dilakukan
misal 1 ~ 3 belum menyelesaikan masalah,
1. hub pelanggan bahwa ada temporer DSO ( Dissconnect Service Order ) untuk pelanggan di node Pontada
2. pastikan Optical reception di Opt. Receiver Headend sudah sesuai ( tidak lebih dan tidak kurang )
3. pastikan semua sambungan di headend sudah bagus ( tidak menyelesaikan masalah ?? ) next
4. sambungkan modem di node cabut cabang yang lain dengan kata lain yang tersambung hanya yang via node saja ( MER dan SNR membaik ??? ) jika membaik masalah terjadi setelah node
5. sambungkan kembali node dengan cabang, pilih cabang terdekat dengan amp selebihnya dilepas hitung MER dan SNR ( membaik ?? ) jika jelek ...coba ganti modul amp dst
susah memang melakukan troubleshoot tp kita tidak onsite ...hmmm
mudah2an cepat solve

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com